h1

Kepartaian Rusia

November 12, 2010

Kepartaian Rusia

Sistem Kepartaian di Rusia

Pemerintahan dipegang oleh presiden yang berpusat di Kremlin serta perdana menteri yang bertanggung jawab terhadap parlemen namun dengan peranan yang terbatas dibandingkan dengan Presiden. Parlemen memiliki dua kamar, yakni Majelis Federal (Федеральное Собрание; Federalnoye Sobraniye) yang merupakan majelis tinggi dan majelis rendah yang dikenal dengan Duma.

Partai Dominan

Partai dominan di Rusia adalah Partai Rusia Bersatu, pada Pemilu terakhir yang diikuti oleh 11 partai, dari 450 kursi yang ada di Duma atau parlemen rendah Partai Rusia Bersatu memperoleh 315 kursi (64,1%) Sedangkan peringkat 2 dan 3 berturut-turut  ditempati (Partai Komunis) 57 kursi (11,6%) dan Partai Liberal Demokrat 40 kursi (8,2%), dengan ciri nasionalis pimpinan Vladimir Zhirinovsky, yang juga pendukung kuat Putin.

Platform

–         Membangun kembali Rusia Raya sebagai negara adidaya yang disegani dunia internasional;

–         Mencegah Disintegrasi Rusia sebagai negara yang multi etnis;

–         Memodernkan Rusia, menumpas kemiskinan dan mempertinggi standar hidup rakyat Rusia;

–         Transformasi internasional dan upaya lebih untuk menggairahkan ekonomi domestik Rusia;

–         Membangun kekuatan dalam negeri dengan kekayaan alam yang masih terpendam dan sumber daya manusianya yang cukup andal.

Kekuatan partai

Menangnya Partai Rusia Bersatu tidak lepas dari sosok Putin yang berhasil dalam periode pemerintahannya. Di samping itu, sistem pemerintahan dan sejarah Negara Rusia yang komunis yang menempatkan kontrol negara yang sangat kuat juga ikut berperan dalam menjaga Partai Dominan (Majority Party) bertahan. Kuatnya posisi presiden (elit) dalam sistem pemerintahan, menyebabkan faktor inilah yang paling signifikan mempengaruhi kemenangan mutlak Partai Rusia Bersatu. Beberapa keberhasilan Putin adalah Dalam dua kali masa jabatan (delapan tahun), sekitar 20 juta orang Rusia dientaskan dari kemiskinan, sistem pendidikan dan kesehatan diperbaiki, sejumlah industri strategis dinasionalisasi, pengangguran dikurangi, mata uang rubel menjadi kuat, korupsi berkurang, jumlah pembayar pajak meningkat, cadangan devisa menjadi 450 miliar dollar AS (nomor tiga di dunia). Utang luar negeri lebih dari 200 miliar dollar AS dilunasi lebih cepat. Namun, yang membahagiakan rakyat Rusia adalah Putin dinilai berhasil membangun kembali Rusia Raya yang disegani dunia internasional, martabatnya dipulihkan lagi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: